0852-900-346-78
Fakultas Teknologi Industri UII KM. 14,5. Sleman, Yogyakarta 55584

Mobil Adaro Kaliurang Unisi Siap Berlaga di Jepang

UASC > Uncategorised > Mobil Adaro Kaliurang Unisi Siap Berlaga di Jepang

(Kampus Terpadu, 6/9/2018) Mobil Listrik Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Universias Islam Indonesia(UII) pada 4-9 September 2018 siap berlaga di kancah internasional pada ajang formula society of automotive engineers (FSAE), Jepang.

Tim UASC yang dibentuk sejak tahun 2013 ini telah meraih penghargaan dalam berbagai kompetisi nasional. Di tahun 2014 pada event Kompetensi Mobil Listrik Indonesia (KMNIL) tim UASC berhasil mendapatkan best teknologi, di tahun 2015 meraih juara satu di percepatan, dan di tahun 2016 meraih juara di pengeremannya.

“Tapi sembari lomba nasional, kami juga mencoba untuk lomba internasional dan akhirnya penantian itu terbukti ditahun 2018,” Ujar Hasyim Abdullah.

Hasyim Abdullah, mahasiswa teknik elektro (2014) selaku project manajer di tim FSAE UASC Kaliurang Unisi, Adaro Kaliurang Unisi 2018 mengatakan bahwa tim untuk lomba di jepang itu baru dibentuk bulan februari. Sedangkan “paling tidak untuk persiapan itu butuh satu tahun,” ujar Hasyim.

Tim UASC ini menjadi satu-satunya tim Universitas Swasta se- Indonesia yang lolos seleksi dalam ajang tahunan bergengsi FSAE. Mobil listrik yang dipersiapkan selama 6 bulan ini diberi nama Adaro Kaliurang Unisi oleh tim UASC.

Skema projek awal mobil listrik yang di kerjakan 1 tahun akhirnya dikerjakan 6 bulan. Untungnya “SDM serta fasilitas lab yang tersedia di UII dapat dibilang unggul dan berkompeten, selain itu tim pun kerja dalam waktu 24 jam,” tutur Hasyim.

Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi yang dihasilkan oleh tim UASC ini mengunakan sistem car control unit yang berfungsi untuk mengendalikan semua perangkat-perangkat yang ada di dalam sebuah mobil. Selain itu mobil listrik ini juga dilengkapi dengan sistem data logger yang memiliki fungsi untuk mencatat semua kebutuhan data teknis secara otomatis dan ada juga sistem telemetry yang berfungsi menampilkan semua data kondisi mobil (seperti kondisi baterai, suhu motor, dan lain-lain) dalam satu layar secara otomatis, sehingga tim dapat memantau mobil dari paddock.

Keunggulan Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi, yakni memiliki teknologi cooling system dan menggunakan body material carbon fiber dengan proses vacuum infusion yang membuat body mobil memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu, mobil listrik ini memiliki bentuk desain aerodinamik yang lebih optimal sehingga dapat meinimalisir drag dan meningkatkan downforce.

Hasyim mengatakan bahwa pada tanggal 23 Agustus mobil listrik tim UASD harus sudah launching ke Jakarta, dan keberangkatan untuk launching tersebut diwakili oleh 14 orang. Pada hari minggu setelah acara launching mobil listrik, akhirnya mobil tersebut siap untuk di kirim ke Jepang.

Tim UASC berharap upaya dan kerja keras yang mereka lakukan dapat memberikan kontribusi dalam bidang teknologi maupun inovasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional melalui rancangan mobil listrik Adaro Kaliurang Unisi yang akan dilombakan.

Mobil Adaro Kaliurang Unisi Siap Berlaga di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *